RSS

Sambut Valentine Secara Positif

14 Feb

Hari valentin merupakan hari-hari yang ditunggu bagi banyak orang. Namun, kebanyakan orang memeriahkan hari tersebut dengan cara yang salah (menurut Islam, terutama bagi yang belum menikah).


Happy Valentine DayBagi orang Islam, hari valentin dianggap sangat tabu karena pada prosesinya terdapat banyak hal-hal yang malah cenderung merujuk pada perbuatan yang negatif, terutama pelanggaran norma-norma agama Islam.

Beberapa pelanggaran yang terdapat pada norma Islami antara lain adalah:

  • Tingginya peluang terjadi perzinahan, karena bagi seseorang yang bukan muhrim, memandang wajah lawan jenis dengan diiringi rasa nafsu sudah dapat dikategorikan kedalam tindakan zina.
  • Pemborosan. Ingat, mubazir adalah temannya setan. Biasanya untuk menyambut hari valentine, seseorang akan memberikan kado bagi pasangannya. Padahal, kado tersebut lebih sering tidak ada gunanya bagi pasangannya.
  • dsb.

Tapi kita juga tidak dapat mem-vonis valentine itu adalah tindakan yang salah. Terlebih bila kita menyambutnya dengan cara-cara yang positif. Ada banyak hal-hal yang positif untuk mengisi hari valentine, diantaranya adalah:

Will you be my….volunteer?!?

Memang tidak dibutuhkan hari valentine untuk melakukan tindakan sukarelawan. Bahkan tindakan sukarelawan lebih cenderung membutuhkan timing yang tepat serta kemauan yang kuat untuk membantu orang lain. Tapi kenapa tidak pada hari valentine?!? Contohnya, melakukan kerja bakti dilingkungan rumah atau membantu mengajari anak-anak disekitar kita. Atau bila perlu menjadi sukarelawan bencana-bencana.

 

Put the “fun” in fundraising

Mengajak pasangan makan malam di restoran mahal, mungkin akan menjadi kepuasan tersendiri baik bagi diri sendiri maupun pasangan Anda. Namun tindakan ini jelas menghambur-hambur uang, kenapa Anda tidak mencoba untuk menghambur-hamburkan uang Anda untuk melakukan tindakan-tindakan yang berguna. Misalnya membeli buku-buku yang berguna, atau mengunjungi rumah-rumah yatim piatu serta menyantuni para penghuninya.

 

Give a little bit

Terkadang pemberian kecil dari Anda akan sangat berarti bagi orang yang sangat membutuhkannya. Mulailah belajar ikhlas bersedekah setiap hari, gak bisa sepuluh ribu cukup seribu. gak bisa seribu ya cukup seratus rupiah. Atau beri bantuan kepada teman-teman Anda yang sedang mengalami kesulitan yang bersifat non-materi.

 

Send love letters

“Surat cinta” tidak hanya dapat ditujukkan pada pasangan Anda. Anda dapat mengirimkan surat cinta kepada sahabat, rekan kantor, atau bahkan bos Anda sendiri. Tidak sampai disitu saja, Anda dapat mengirimkan surat cinta dalam bentuk sanjungan-sanjungan kepada Allah SWT sebagai pencipta alam semesta, serta Nabi besar kita Muhammad SAW.

 

Remember those who serve you

Ingatlah semua orang yang setiap hari telah membantu meringankan hidup Anda dan membuat hidup Anda lebih nyaman. Kepada supir angkutan umum yang telah mengantar Anda ke sekolah/kantor setiap hari. Kepada tukang sapu jalanan yang telah membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Kepada tukang sampah yang telah rela membawa sampah rumah kita yang bergelimang bau tak sedap. Dan lain sebagainya.

 

Love your mother (earth)

Belajarlah mencintai tempat tinggalmu, lingkungan, serta bumi dimana Anda tinggal saat ini. Jaga kebersihannya, kurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang. Ingat, sumber daya kehidupan kita saat ini telah menipis.

 

So, kenapa juga kita tidak merayakan hari valentine. Walaupun hal-hal di atas tidak hanya dapat dilakukan di hari valentin saja🙂

 

Semoga Bermanfaat🙂

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 Februari 2011 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: