RSS

Komunitas IT di Indonesia

11 Mei

Kemudahan dalam memperoleh akses Internet mendorong lahirnya berbagai komunitas dunia maya. Salah satunya adalah komunitas para pengguna, peminat, dan para profesional IT. Persamaan minatlah yang menyatukan mereka dalam satu komunitas.

 

Komunitas IT? Pasti tempat berkumpulnya IT Pro di Indonesia. Betul, jika Anda berpendapat demikian. Namun, masih kurang tepat karena komunitas IT di Indonesia tidak hanya tempat berkumpulnya IT Pro saja, tetapi semua lapisan masyarakat IT di Indoneisa, mulai dari IT Pro, developer, sampai pengguna pemula. Anggota komunitasnya sendiri bermacam-macam mulai dari pekerja IT, pegawai swasta, pegawai negeri, dosen, guru, mahasiswa, sampai siswa sekolah lanjutan.

Di lingkungan pemerintah sendiri ada juga komunitas IT, Prakom. Prakom merupakan komunitas pejabat fungsional Pranata Komputer yang alamat onlinenya http://www.pranata.lipi.go.id. Komunitas Prakom saat ini dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi LIPI. Sebenarnya, pranata komputer merupakan jabatan fungsional bagi para IT Pro yang bekerja di instansi pemerintah.

Kalangan media baik media elektronik, maupun cetak juga tidak mau ketinggalan membangun komunitas. Memang komunitas di kalangan media massa ini tidak fokus pada satu bidang saja karena disesuaikan dengan visi dan misi dari media yang bersangkutan. Sebagai contoh, majalah komputer terkemuka Majalah CHIP juga mempunyai komunitas IT-nya. Majalah CHIP menyediakan fasilitas forum untuk tukar-menukar informasi dan memecahkan berbagai permasalah yang berhubungan dengan IT, mulai dari sistem operasi, software, developer, game, sampai hardware. Tujuan dibangunnya forum CHIP Online  (http://forum.chip.co.id) ini adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman antar pembacanya. Namun kenyatannya, tidak hanya pembaca CHIP saja yang tergabung, ada pula berbagai kalangan IT yang ada di Indonesia.

Mungkin sangat berbeda dengan komunitas IT yang ada di Indonesia, majalah CHIP tidak fokus pada satu produk atau tema saja, karena isi forum tersebut disesuaikan dengan content majalahnya yang beragam. Dengan kata lain komunitas ini mengakomodasi semua kepentingan pembacanya sesuai dengan isi dari majalah itu sendiri.

Maraknya komunitas IT di Indonesia sebenarnya tidak terlepas dari perkembangan komputer yang sangat pesat, mulai dari hardware, software, game, sampai sistem operasinya. Karena itu, akan semakin banyak permasalahan yang memerlukan penyelesaian masalah secara cepat, tepat, dan akurat, dan mulailah bermunculan komunitas IT.

Sebagai contoh, pengguna Linux awalnya membangun komunitas bernama KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia). KPLI berkembang pesat dan menyebar ke seluruh kota di tanah air. Tidak lama setelah ramainya komunitas Linux ini, para developer yang menggunakan produk Microsoft mulai mengembangkan komunitas bernama Comdev, lalu muncul komunitas pengguna Microsoft lainnya seperti Microsoft User Group Indonesia. Menyusul kemudian WSS-ID (Windows Server System Indonesia) yang pada awalnya fokus membahas produk server keluaran Microsoft.

Komunitas pengguna Microsoft lainnya adalah Design Community atau Cabeijo (http://www.cabeijo.com) . Dalam aktivitasnya, komunitas ini mengandalkan online community yang di dalamnya mengupas berbagai hal yang berhubungan dengan desain.

Komunitas lain yang juga mulai menancapkan kakinya di dunia komunitas IT adalah Komuci User Group dengan alamat http://komuci.net. Komunitas ini lebih memfokuskan pada diskusi tentang produk mobile keluaran Microsoft.

Dari sekian banyak komunitas ini, tidak semuanya bisa bertahan karena berbagai hal. Sebut saja Comdev, kini gaungnya sudah tidak terdengar lagi. Namun, muncul komunitas baru yang tujuannya relatif hampir sama, yaitu tempat berkumpulkan para developer, INDC (http://netindonesia.net). INDC merupakan salah satu dari sekian banyak komunitas Developer yang di dalamnya mengupas dan mendiskusikan berbagai hal yang berhubungan dengan pemrograman, seperti Visual Basic (VB.Net), ASP.Net, C++, C#, dan lain-lain. Bahkan dari keluarga INDC tersebut mulai bermunculan juga komunitas lain yang lebih spesifik misalnya OTAK dengan alamat online http://otak.csharpindonesia.net, ASPX Indonesia dengan alamat http://www.asp-xindonesia.net, C# Indonesia yang menggunakan alamat http://csharpindonesia.net, Microsoft NetDeveloper, VB Indonesia.Net yang menggunakan http://www.vbindonesia.net, dan lainnya.

Komunitas IT lainnya yang sedang giat dan sibuk mengembangkan sayapnya adalah komunitas KPLI atau komunitas Linux. Komunitas yang mengusung gambar pinguin ini merupakan salah satu media sharing sesama pengguna Linux di Indonesia. Hanya saja, nenerapa bulan belakangan ini gaungnya tidak segencar beberapa tahun lalu. Di Bogor misalnya, komunitas Linux bernama KPLI Bogor (http://bogor-linux.or.id) kegiatannya mulai berkurang dan tidak seperti beberapa waktu lalu. Namun KPLI, masih terus berkibar dan sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Hanya saja kegiatannya masih belum kelihatan dan belum seragam.

 

Mailing List

Kalau Anda lebih suka memanfaatkan e-mail untuk berbagi pengalaman dengan sesama pengguna komputer di Indonesia, Anda bisa memanfaatkan fasilitas mailing list atau biasa kita sebut milis. Saat ini, hampir semua komunitas memanfaatkan media ini untuk berbagi ilmu dan pengalamannya. Pada umumnya mereka memanfaatkan fitur komunitas yang disediakan secara gratis oleh Yahoo!, yaitu YahooGroups.

Salah satu komunitas yang menggunakan milis sebagai media komunikasi adalah IndoWLI (http://tech.groups.yahoo.com/group/IndoWLI). Komunitas Wireless LAN Internet Indonesia (IndoWLI) ini semakin hari semakin banyak anggotanya. Hal ini sesuai dengan perkembangan jaringan nirkabel itu sendiri yang kini sudah semakin merebak.

Selain itu, komunitas IT yang juga memanfaatkan YahooGroups Indo-IT (http://groups.yahoo.com/group/ITCenter). Komunitas yang didirikan pada tahun 1999 ini merupakan salah satu komunitas terbesar yang ada di Indonesia.

Anda yang tertarik dengan masalah keamanan bisa bergabung dengan Jasakom (http://groups.yahoo.com/group/jasakom-perjuangan) yang juga menggunakan YahooGroups sebagai penyedia layanannya. Komunitas ini termasuk yang tergolong bermasa depan baik karena di dalamnya berkumpul para anggota yang memiliki kemampuan dalam bidang kemanan.

Website IlmuKomputer.com pun ternyata ikut meramaikan komunitas online dengan memanfaatkan YahooGroups, Daftar milis IlmuKomputer dapat Anda lihat di http://ikc.cbn.net.id/milis.php. IlmuKomputer.com sebenarnya lebih mengarah kepada komunitas e-learning. Masyarakat atau anggotanya bisa mendownload data data, artikel atau e-book secara gratis. Komunitas ilmukomputer.com ini termasuk komunitas yang sangat populer dan ramai dikunjungi masyarakat IT di Indonesia, bahkan tidak sedikit artikel dan tulisa yang ada di ilmukomputer.com dijadikan referensi.

Masih banyak lagi komunitas-komunitas IT Indonesia lainnya yang menggunakan e-mail sebagai tempat diskusi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Mailing list memang masih banyak digunakan oleh komunitas IT di Indonesia dan masih diyakini tergolong ampuh untuk tukar-menukar informasi.

Hanya saja, menggunakan media ini akan membebani mailbox e-mail Anda. Apalagi apabila komunitas tersebut sudah semakin besar, pemanfaat mailing list jelas kurang efektif, terutama bagi mereka yang memanfaatkan email gratisan. Semakin banyak anggota yang bergabung dan aktif, semakin banyak pula e-mail yang masuk ke mailbox Anda.

Coba saja Anda bayangkan, misalnya komunitas Linux yang jumlah anggotanya ribuan dan semua anggota tersebut aktif. Setiap jamnya, berapa ratus e-mail yang masuk ke dalam mailbox Anda. Dapat dipastikan, kurang dari satu minggu, mailbox gratisan Anda sudah penuh. Jadi, jelas apabila komunitas semakin besar dan anggotanya semakin banyak, pemanfaatan mailing list sudah tidak memungkinkan lagi untuk dipertahankan. Salah satu solusinya adalah membuat forum. Hanya tentu saja, harus tersedia server yang menyediakan fasilitas untuk forum tersebut.

 

Forum

Lain halbya dengan forum, semakin banyak anggota yang aktif akan semakin mudah mengaturnya. Dengan memanfaatkan forum, sebuah komunitas akan semakin baik dan manfaatnya akan semakin terasa oleh anggota karena semua orang bisa membacanya dengan mudah sesuai dengan topik yang diinginkan.

Selain itu, dengan forum kegiatan, diskusi bisa dibagi sesuai keperluannya. Misalnya, orang yang tertarik dengan sistem operasi server, dapat bergabung ke forum sistem operasi server; yang suka hardware, maka gabung ke dalam forum yang berhubungan dengan hardware; yang suka Microsoft Office, gabung dalam forum yang berhubungan dengan Microsoft Office; begitu seterusnya. Semakin banyak yang bergabung ke dalam forum, semakin banyak pilihan content dalam forum tersebut.

Sebagai contoh, Windows Server System Indonesia (WSS-ID). Selain memanfaatkan mailing list dalam aktivitasnya, mereka juga memanfaatkan forum sebagai sarana komunikasi dan berbagai informasi.

 

Blog dan Gallery

Saat ini memang sangat banyak tersedia blog, baik gratisan maupun membuat sendiri dengan membeli sebuah domain. Komunitas yang sudah besar tentu harus membangun server-nya sendiri. Dengan memiliki server sendiri, content-nya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi. Sebagai contoh, Windows Server System Indonesia menyediakan berbagai fasilitas mulai dari blog, gallery, forum, e-book, artikel, dan lain-lain. Portal Windows Server System Indonesia (WSS-ID) selain menyediakan blog dengan artikel terkini juga menyediakan fasilitas forum, mailing list, dan gallery untuk meng-upload gambar atau foto aktivitas yang sudah dilaksanakan.

Apabila Anda bergabung ke komunitas WSS-ID, secara otomatis Anda akan mendapatkan fasilitas blog dan gallery dan bisa menampilkan berbagai tulisan dan foto kegiatan yang dilakukan dalam sebuah komunitas. Selain itu, WSS-ID juga menyediakan fasilitas untuk menyimpan file dalam berbagai format, bisa artikel, e-book, slide presentasi, dan sebagainya.

Begitu juga dengan komunitas lain seperti INDC, Desainer Community, Komuci User Group juga menyediakan fasilitas mailing list, forum, gallery, dan fasilitas download.

 

Kesimpulan

Memang cukup banyak komunitas IT di Indonesia. Mungkin kalau dibandingkan dengan negara berkembang lainnya, di Indonesia komunitas IT termasuk yang paling banyak. Dengan adanya komunitas ini diharapkan akan terjadi komunikasi dan interaksi sesama manusia.

Thread ini tidak mengungkapkan semua komunitas yang ada di Indonesia, melainkan hanya beberapa komunitas besar saja. Namun dengan semakin banyak dan berkembangnya komunitas IT, diharapkan sumber daya IT Indonesia bisa diandalkan untuk mengisi pembangunan yang masih jauh membentang. Yang lebih penting lagi, dalam sebuah komunitas, jangan hanya mencari kelemahan, melainkan bagaimana menutup kelemahan tersebut agar bermanfaat bagi kepentingan orang banyak.

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Mei 2010 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , ,

12 responses to “Komunitas IT di Indonesia

  1. artikel komputer

    14 Juni 2010 at 8:27 pm

    kunjungi blog saya y, semoga berguna… thanks

     
    • PASARCASH

      29 Maret 2016 at 8:53 pm

      Selamat Datang di KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA

      Kami Agen Bola dan Casino Online terpercaya PasarCash.com membuka kontes SEO yang juga untuk menyambut EURO 2016 yang dimana kami selenggarakan Kontes SEO ini dari tanggal 25 Maret 2016 hingga 25 Juni 2016 ini. Dan hadiah yang kami tawarkan adalah 50 juta rupiah buruan daftar dalam kontes SEo PasarCash.com dan jangan di sia-siakan peluang dalam mendapatkan hadiah uang tunai dengan total nilai hingga Rp 50.000.000,- untuk 20 pemenang yang beruntung.

      Dalam kontes SEO ini sendiri pun kami menggunakan keyword PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA. Kami mengundang para pakar SEO yang merasa handal dan percaya diri untuk bisa bersaing keras dalam mendapatkan hadiah sebesar 50 juta rupiah dan untuk peraturannya sendiri bisa di lihat di Peraturan yang telah kami buat..

      Buruan daftar dalam KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA dan buktikan kemampuan anda dalam memperebutkan hadiah yang telah kami sediakan. Jangan di tunggu lagi segera daftar sekarang juga🙂

      CONTACT US
      – YM : cs_pasarcash
      – PHONE : +855963182938
      – PIN BB : 7B12CB9D
      – FACEBOOK : Pasarcash
      – LINE : Pasarcash
      – INSTRAGRAM : Pasarcash

       
  2. Tutang MM MCSE

    24 September 2010 at 9:25 am

    Wow

     
  3. indrawaty

    18 Januari 2011 at 8:08 am

    :: agreee …

     
  4. Karin

    4 April 2011 at 12:18 pm

    Bisa ga Ya Pak kalau saya mau titip lowongan sebagai instruktur IT di sini..?
    Thanks

     
  5. wahyu

    5 Juli 2011 at 2:22 pm

    menyediakan AC precision server merk CITEC type GENESIS, dan smoking detector alarm merk vesda juga pemadam gas nitrogen pyroshield merk xtralis. call me 085714311661

     
  6. cak piko

    17 Desember 2011 at 8:23 am

    Saya sangat pro sekali dengan mas Fadhly Permata, yang jujur dan benci dengan system pendidikan di negri ini, padahal gurunya juga banyak belajar dari mbah google, bahkan muridnya lebih banyak yang pinter berkat mbah google,

    kami sebagai orang tua telah membayar mahal untuk pendidikan anak-anak kita, tetapi dengan hasil yang tidak sesuai, bagaikan membayar harga Core I3 tetapi mutu Pentium 4,

    Ayoo teman dan rekan semua, kita DEMO PINTAR GRATIS NASIONAL secara trus menurus.
    Dengan cara memberikan ILMU dan PENGETAHUAN yang kita miliki secara GRATIS kepada anak-anak kita atau kepada siapapun yang membutuhkan melalui media yang ada.

    Ayoo, dengan cara kita sendiri dan style kita , kita DEMO tanpa turun ke jalan, tetapi dengan cara nge BOM Ilmu dan Pengetahuan Gratis, saya yakin BOM kita ini dahsyatnya melebihi bom-bom yang telah diledakkan oleh teroris atau bom nuklir…

    Ayo semangat …. , semoga Pendidikan Indonesia semakin cemerlang… amin.

     
    • Fadhly Permata

      27 Februari 2012 at 2:11 pm

      Hahah, thanks bt pro-nya mas..

      kita doakan aja brsama2 biar sistem pendidikan dinegara kita bisa menjadi lebih baik, dan tidak memarginalisasikan kultur, ras, agama, atau bahkan ekonomi..

       
      • PASARCASH

        29 Maret 2016 at 8:54 pm

        Selamat Datang di KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA

        Kami Agen Bola dan Casino Online terpercaya PasarCash.com membuka kontes SEO yang juga untuk menyambut EURO 2016 yang dimana kami selenggarakan Kontes SEO ini dari tanggal 25 Maret 2016 hingga 25 Juni 2016 ini. Dan hadiah yang kami tawarkan adalah 50 juta rupiah buruan daftar dalam kontes SEo PasarCash.com dan jangan di sia-siakan peluang dalam mendapatkan hadiah uang tunai dengan total nilai hingga Rp 50.000.000,- untuk 20 pemenang yang beruntung.

        Dalam kontes SEO ini sendiri pun kami menggunakan keyword PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA. Kami mengundang para pakar SEO yang merasa handal dan percaya diri untuk bisa bersaing keras dalam mendapatkan hadiah sebesar 50 juta rupiah dan untuk peraturannya sendiri bisa di lihat di Peraturan yang telah kami buat..

        Buruan daftar dalam KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA dan buktikan kemampuan anda dalam memperebutkan hadiah yang telah kami sediakan. Jangan di tunggu lagi segera daftar sekarang juga🙂

        CONTACT US
        – YM : cs_pasarcash
        – PHONE : +855963182938
        – PIN BB : 7B12CB9D
        – FACEBOOK : Pasarcash
        – LINE : Pasarcash
        – INSTRAGRAM : Pasarcash

         
  7. Ajeng Ayu

    15 Oktober 2014 at 1:45 pm

    KINI HADIR LOMBA SEO 2014 BERHADIAH TOTAL Rp. 56.500.000
    dengan rincian;
    Juara 1 Rp. 36.500.000
    Juara 2 Rp. 5.000.000
    Juara 3 Rp. 5.000.000
    Juara 4 Rp. 5.000.000
    Juara 5 Rp. 5.000.000
    daftar dan uji skill SEO-mu di –> olb365seo.com

     
  8. PASARCASH

    29 Maret 2016 at 8:55 pm

    Selamat Datang di KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA

    Kami Agen Bola dan Casino Online terpercaya PasarCash.com membuka kontes SEO yang juga untuk menyambut EURO 2016 yang dimana kami selenggarakan Kontes SEO ini dari tanggal 25 Maret 2016 hingga 25 Juni 2016 ini. Dan hadiah yang kami tawarkan adalah 50 juta rupiah buruan daftar dalam kontes SEo PasarCash.com dan jangan di sia-siakan peluang dalam mendapatkan hadiah uang tunai dengan total nilai hingga Rp 50.000.000,- untuk 20 pemenang yang beruntung.

    Dalam kontes SEO ini sendiri pun kami menggunakan keyword PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA. Kami mengundang para pakar SEO yang merasa handal dan percaya diri untuk bisa bersaing keras dalam mendapatkan hadiah sebesar 50 juta rupiah dan untuk peraturannya sendiri bisa di lihat di Peraturan yang telah kami buat..

    Buruan daftar dalam KONTES SEO PASARCASH.COM AGEN BOLA SBOBET EURO 2016 TERPERCAYA dan buktikan kemampuan anda dalam memperebutkan hadiah yang telah kami sediakan. Jangan di tunggu lagi segera daftar sekarang juga🙂

    CONTACT US
    – YM : cs_pasarcash
    – PHONE : +855963182938
    – PIN BB : 7B12CB9D
    – FACEBOOK : Pasarcash
    – LINE : Pasarcash
    – INSTRAGRAM : Pasarcash

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: