RSS

BT File Manager

30 Jan

Suatu saat teman saya menyatakan pada ponselnya terdapat 70 buah lebih file MP3 soundtrack serial animasi Naruto yang menurut saya keren dan telah saya idam-idamkan sejak lama ini. Namun apa daya pada saat saya ingin mengcopy file-file tersebut, sang teman sedang seru-serunya berchatting ria menggunakan aplikasi IRC yang didownload dan disetting berdasarkan tutorial dari blog saya ini (heugh, senjata makan tuan deh…).

Karena merasa kesal karena tidak dapat mengcopy file-file tersebut, saya iseng-iseng browsing menggunakan aplikasi Opera Mini pada ponsel SLVR L7 kesayangan saya. Iseng saya bertambah parah, ketika saya dengan nekatnya mengetikkan keyword Bluetooth File Manager pada search engine Google.

Bingooooo… Akhirnya saya mendapatkan aplikasi yang benar-benar sedang saya butuhkan, namanya Bluetooth File Manager. Dengan aplikasi Bluetooth File Manager kita dapat menjelajahi file-file yang terdapat pada media penyimpanan di ponsel kita sendiri (namun pada ponsel Motorola biasanya harus melakukan bongkar proteksi terlebih dahulu agar aplikasi tersebut memiliki ijin untuk mengakses media penyimpanan) bahkan media penyimpanan pada ponsel orang lain yang sedang aktif bluetoothnya.

Setelah membongkar proteksi dan memberikan ijin akses pada file di media penyimpanan dan setelah sejenak mempelajari cara kerjanya, saya meminta sang teman untuk mengaktifkan koneksi bluetoothnya, dan hasilnya ternyata seluruh file yang terdapat pada media penyimpanan ponsel sang teman dapat terbaca dengan baik. Akhirnya saya bisa mengcopy file-file tersebut tanpa harus sedikitpun menyentuh ponsel sang teman. Bahkan yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini mampu mengcopy file dari ponsel kita sendiri ke ponsel sang teman pula.

Dengan aplikasi ini pula kita dapat mengcopy atau mengirimkan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada satu ponsel ke ponsel yang lainnya melalui media bluetooth. Padahal sepanjang sepengetahuan saya, peng-copy-an file-file aplikasi tidak pernah dapat dilakukan melalui media bluetooth.

Nah buat teman-teman yang ingin mencoba aplikasi tersebut silahkan klik link di bawah ini untuk mendownloadnya.

Download Bluetooth File Manager v.1.3.1

 

Sebenarnya aplikasi ini compatible dengan semua jenis ponsel yang mendukung teknologi Java, namun pada kenyataannya pada ponsel Motorola SLVR L7 milikku tidak dapat bekerja dengan baik pada saat baru diinstallasi. Alasannya karena aplikasi tersebut tidak memiliki ijin untuk mengakses file-file yang terdapat pada media penyimpanan. Mungkin pada ponsel dengan merek Sony Ericsson atau Nokia akan langsung dapat berjalan dengan baik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Januari 2009 in ponsel, Uncategorized, Utility

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

 
