RSS

Perintah Dasar IRC Untuk Ponsel

28 Jan

Kali ini kita akan membahas perintah-perintah yang bisa kita gunakan pada saat kita sudah terhubung dengan jaringan IRC. Perintah-perintah yang akan kita bahas adalah perintah standar IRC, jadi besar kemungkinannya semua perintah yang akan dibahas akan dapat digunakan pada semua aplikasi IRC baik untuk ponsel maupun untuk aplikasi IRC di komputer.

Dengan mengenali perintah-perintah dasar IRC, kita dapat melakukan beberapa hal tertentu yang dapat dimengerti oleh server-server IRC. Seperti pengaturan kontrol channel serta user (pengunjung) yang mengunjungi channel kita.

Sebelum lebih jauh membahas semua perintah-perintah yang akan kita gunakan dalam mempelajari perintah-perintah IRC, saya ingin menyamakan asumsi dalam pemahaman beberapa karakter yang akan kita temui dalam parameter-parameter suatu perintah. Berikut ini adalah daftar karakter yang akan kita temukan dalam parameter-parameter suatu perintah:

Karakter Deskripsi
<> Parameter yang menggunakan karakter ini adalah jenis parameter yang value (nilainya) harus Anda tentukan. Bila Anda mengabaikan value pada parameter yang menggunakan karakter ini maka client IRC akan menganggap perintah yang Anda berikan tidak valid (sah).

Contoh: /whois <nickname>

Maka parameter <nickname> pada perintah diatas wajib Anda tentukan valuenya.

[] Parameter yang menggunakan karakter ini adalah jenis parameter yang valuenya tidak wajib ditentukan, atau dengan kata lain, parameter tersebut hanya bersifat opsional saja. Dengan begitu, perintah yang Anda berikan tetap akan dianggap valid walau tanpa atau dengan menyertakan valuenya.

Contoh: /join [-inx] <#channel>

Dari contoh perintah di atas dapat disimpulkan bahwa Anda bolah saja tidak menentukan salah satu nilai pada parameter [-inx], tetapi Anda wajib menentukan nilai untuk parameter <#channel>.

| Dalam berbagai macam bahasa pemrograman, karakter ini dianggap sebagai karakter OR (atau). Biasanya parameter yang menggunakan karakter ini adalah parameter yang hanya membutuhkan value yang sudah ditentukan saja.

Contoh: /ajinvite [on|off]

Contoh di atas menyimpulkan bahwa perintah /ajinvite tanpa menyertakan parameter apa pun akan tetap dianggap valid. Namun bila Anda ingin menyertakan parameternya, maka hanya parameter on atau off saya yang dapat diterima oleh perintah tersebut.

# Karakter ini merupakan karakter pembuka untuk menyebutkan nama suatu channel, misalnya #universitas, #medan-fair, #bogor, #sukabumi, dan lain sebagainya.

 

 

 

Perintah Dasar IRC

1.   /AWAY [message]

Perintah ini dapat digunakan saat Anda ingin mengalihkan perhatian Anda sejenak dari setiap percakapan di IRC. Saat seseorang mengirimkan pesan untuk Anda, maka secara otomatis orang tersebut akan menerima pesan (away message) dari Anda. Untuk mengembalikan status menjadi normal kembali Anda dapat mengetikan perintah /away tanpa menyertakan parameter [message], pengiriman perintah tanpa menyertakan parameter [message] diindikasikan oleh IRC bahwa Anda ingin menghapus pesan away dan sepenuhnya memperhatikan IRC kembali.

Contoh:

/away Kewarung sebentar untuk beli rokok.

 

 

2.   /INVITE <nickname> <#channel>

Perintah ini dapat digunakan untuk mengajak (invite) seseorang dengan <nickname> tertentu untuk masuk kedalam suatu channel. Perintah ini hanya dapat digunakan bila Anda sudah mendiami channel tersebut.

Contoh:

/invite cyberobo #universitas

 

 

3.   /JOIN <#channel>

Perintah ini digunakan untuk masuk kedalam suatu channel tertentu.

Contoh:

/join #universitas

Dengan perintah di atas Anda maka Anda akan masuk kedalam channel #universitas. Setelah Anda masuk kedalam channel, apapun yang Anda ketikkan akan dapat dilihat oleh user/pengunjung lain di dalam channel tersebut. Bila channel yang Anda minta tidak ada, maka IRC akan membuatkan sebuah channel baru untuk Anda dan nama channel akan disesuaikan dengan nama yang Anda inginkan.

Beberapa channel terkadang memiliki key (password). Untuk berpartisipasi di dalam channel tersebut maka Anda membutuhkan kata sandi untuk dapat mengaksesnya.

Contoh:

/join #universitas belajar

Dengan perintah di atas berarti Anda ingin bergabung kedalam channel #universitas yang terkunci, dan memberikan kata “belajar” sebagai kata sandinya.

 

 

4.   /LIST [#channel] [-MIN #] [-MAX #]

Perintah ini digunakan untuk menampilkan daftar channel yang sedang aktif pada jaringan IRC yang sedang Anda gunakan. Anda juga dapat menambahkan parameter agar mIRC hanya menampilkan daftar channel dengan jumlah pengunjung minimal dan maksimalnya saja. Bila Anda menentukan parameter [#channel] maka mIRC hanya akan menampilkan daftar channel yang Anda sebutkan namanya saja. Jika Anda menentukan parameternya dengan memberikan karakter wildcard (misalnya *mirc*) maka mIRC hanya akan menampilkan daftar channel yang nama channelnya mengandung kata mirc di dalamnya.

Contoh:

/list

/list –min 5 –max 20

/list #mirc

/list *mIRC*

 

 

5.   /ME <message>

Perintah ini digunakan untuk mengungkapkan kepada orang lain tentang ekspresi yang sedang Anda lakukan.

Contoh:

/me Hooeeaaeemm, Ngantuk...

Perintah di atas akan menampilkan pesan yang akan diasumsikan oleh orang lain bahwa Anda habis menguap dan merasa ngantuk.

 

 

6.   /MSG <nickname> <message>

Perintah ini digunakan untuk mengirimkan pesan untuk seseorang tanpa harus membuka jendela query.

Contoh:

/msg cyberobo bo, kamu lagi ngapain?

Perintah di atas mengartikan bahwa Anda mengirimkan pesan pada nick “cyberobo” dengan isi pesan “bo, kamu lagi ngapain?”.

 

 

7.   /NICK <nickname>

Perintah ini digunakan untuk mengganti nick yang sedang Anda gunakan menjadi nick baru yang Anda sertakan pada parameter nickname.

Contoh:

/nick fadhly_permata

Dengan perintah di atas berarti Anda ingin merubah nickname Anda menjadi "fadhly_permata".

 

 

8.   /NOTICE <nickname> <message>

Perintah ini tidak jauh berbeda dengan perintah /msg, yang membedakan adalah pesan yang dikirimkan hanya akan tampil pada jendela status si penerima pesan, tapi tidak menutup kemungkinan pesan Anda akan tampil pada jendela yang sedang aktif dari si penerima pesan, bergantung pada setting konfigurasi client mIRC si penerima pesan.

Perintah /notice digunakan untuk memberi pesan status pada seseorang tanpa harus membuka jendela query.

Contoh:

/notice cyberobo bo, aku mau off dulu ya.

Perintah di atas akan mengirimkan pesan status untuk nickname “cyberobo” dengan isi pesan “bo, aku mau off dulu ya.”

 

 

9.   /PART <#channel>

Untuk meninggalkan atau menutup jendela channel selain dapat dengan cara mengklik tombol (x) pada pojok kanan atas, Anda juga dapat menggunakan perintah part dengan disertai nama channel yang ingin Anda tutup.

Contoh:

/part #universitas

 

 

10.   /QUIT [message]

Perintah ini digunakan untuk memutuskan hubungan koneksi Anda dari IRC. Anda dapat juga memberikan alasan mengapa Anda ingin memutuskan koneksi dengan cara memberikan value pada parameter [message]. Pesan alasan yang Anda berikan hanya akan tampil pada channel yang sedang aktif.

Contoh:

/quit Belajar dulu ach, besok ada ujian...

 

 

11.   /TOPIC <#channel> [newtopic]

Perintah topic dapat digunakan untuk mengetahui topik yang sedang digunakan pada channel tertentu. Anda juga dapat mengganti topik yang sudah ada dengan mengisikan topik yang baru pada parameter [newtopic]. Biasanya penggantian topik hanya dapat dilakukan oleh user yang memiliki status OP pada channel tersebut saja.

Contoh:

/topic #universitas

/topic #universitas Belajar, yuk belajar :-)

 

 

12.   /WHOIS <nickname>

Perintah whois digunakan untuk menampilkan informasi dari seorang user. Informasi yang akan ditampilkan dari perintah whois adalah informasi IP address, channel yang aktif, server yang digunakan, dan lain sebagainya.

Contoh:

/whois cyberobo

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Januari 2009 in Chat, ponsel, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

3 responses to “Perintah Dasar IRC Untuk Ponsel

  1. jey

    15 Maret 2009 at 10:54 pm

    mas, tolong setingan Hp CINA z tock g mn???? Thanks bgt to bantuanya.

     
  2. jey

    15 Maret 2009 at 10:54 pm

    mas, tolong setingan Hp CINA z tock g mn???? Thanks bgt to bantuanya.
    ky

     
  3. Fadhly Permata

    21 Maret 2009 at 6:26 pm

    Selama ponsel tersebut mendukung teknologi java ponsel Cina pun dapat digunakan utk ber-irc ria, dan teknik instalasinya tinggal anda ikuti dari instruksi yg tampil pada saat instalasinya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: