RSS

Pengenalan PHP

26 Jan

PHP, yang merupakan pengertian untuk “PHP: Hypertext Processor” merupakan pendekatan untuk bahasa pemrograman yang bersifat Open Source yang ditujukan untuk pengembangan Web dan dapat diembed (digabungkan) kedalam HTML. Secara garis besar bahasa dasar yang digunakan adalah bahasa C, Java, dan Perl, yang menjadikan bahasa PHP lebih mudah untuk dipelajari. Tujuan utama bahasa pemrograman PHP adalah untuk memudahkan para pengembang Web untuk membuat halaman web yang dinamis secara cepat, namun dengan tetap memberikan fitur yang tangguh.

 

Apa itu PHP?

PHP (yang merupakan akronim untuk “PHP: Hypertext Processor”) merupakan pendekatan untuk bahasa pemrograman yang bersifat Open Source yang ditujukan untuk pengembangan Web dan dapat diembed (digabungkan) kedalam HTML.

Jawaban singkat, namun tetap tidak mengurangi maksud untuk pengenalan PHP? dapat Anda lihat pada contoh kode berikut:

<html>
     <head>
        <title>Example</title>
    </head>
    <body>
        <?php
            echo "Hi, I'm a PHP script!";
        ?>
    </body>
</html>

Contoh 1.1: Contoh pengenalan bahasa PHP

 

Yang harus Anda ingat adalah, bahasa pemrograman PHP tidak mutlak sama persis dengan bahasa pemrograman lainnya (misalnya Perl atau C), Kebanyakan dari sintaks PHP yang anda tuliskan biasanya hanya dioutputkan menjadi HTML (pada contoh di atas mengoutputkan beberapa baris teks). Kode PHPakan selalu diapit oleh tag PHP yang diletakkan di awal dan di akhir kode untuk mengaktifkan “mode PHP”.

Tidak seperti JavaScript yang bekerja pada sisi client (client-side), PHP dieksekusi di atas server (server-side).  Jadi bila Anda menggunakan kode PHP, maka kode tersebut akan diproses diserver, dan user hanya akan menerima hasilnya saja, tanpa dapat mengetahui kode yang terdapat di dalamnya.

Salah satu kelebihan pada bahasa pemrograman PHP adalah sangat mudah untuk dipelajari oleh orang awam sekalipun, namun memiliki banyak fitur untuk para programmer profesional yang keseluruhannya akan dibahas satu-persatu disini. Anda tidak perlu mempelajari fitur tersebut satu-persatu, Anda cukup mencari referensi untuk fitur tersebut pada blog ini saja.

 

Apa yang Dapat Dilakukan PHP?

Dengan kode PHP Anda dapat melakukan apa pun. PHP yang difokuskan untuk server-side dapat melakukan apa pun yang dapat dilakukan oleh semua program CGI, seperti mengumpulkan data, membuat halaman dengan konten dinamis, mengirim atau menerima cookiues, dan lebih banyak hal lagi yang dapat dilakukan dengan PHP.

Terdapat tiga kelebihan utama dalam PHP, yang antara lain adalah:

  1. Server-side Scripting. Ini merupakan kelebihan paling utama untuk PHP. Anda akan membutuhkan tiga alat agar PHP dapat bekerja dengan baik. PHP Parser (CGI atau modul server), WebServer dan Web Browser.
  2. Command Line Scripting. Anda dapat membuat script PHP dan menjalankannya tanpa harus menggunakan server atau browser. Anda hanya akan membutuhkan PHP Parser untuk menggunakan cara ini. Penggunaan jenis ini sangat ideal untuk script yang akan dieksekusing menggunakan Cron (pada *nix atau Linux) atau Task Scheduler (pada Windows).
  3. Membuat aplikasi GUI berbasis Client-Side. Kemungkinan PHP bukan merupakan bahasa pemrograman yang baik untuk membuat aplikasi berbasis GUI, namun bila Anda telah menguasai PHP dengan baik, dan ingin membangun aplikasi dengan menyertakan fitur-fitur PHP pada aplikasi client-side Anda dapat menggunakan PHP-GTK untuk merancang aplikasi tersebut. Bahkan dengan tools tersebut Anda dapat merancang aplikasi yang berbasis cross-platform. PHP-GTK hanya merupakan tools tambahan, dan tidak terdapat pada distribusi utama PHP. Bila Anda berminat pada PHP-GTK, silahkan kunjungi http://gtk.php.net.

PHP dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi, termasuk Linux, berbagai macam varian Unix (termasuk HP-UX, Solaris, dan OpenBSD), Microsoft Windows, Mac OS X, RISC OS, dan mungkin yang lainnya. Kini, PHP juga telah didukung oleh banyak web server, termasuk diantaranya adalah server Apache, Microsoft Internet Information Server, Personal Web Server, Netscape dan iPlanet servers, Oreilly Website Pro Server, Caudium, Xitami, OmniHTTPd, dan banyak lagi.

Jadi kita dapat dengan bebas menentukan sistem operasi dan web server. Kita dapat pula hanya menggunakan teknik procedural-programming atau teknik object oriented programming, atau penggabungan dari kedua teknik tersebut. Walau tidak sepenuhnya fitur standar OOP telah terealisasi pada versi PHP saat ini, namun banyak kode pustaka (library) dan aplikasi besar (yang menyertakan pustaka PEAR) dirancang hanya berdasarkan kode OOP.

Dengan PHP kita tidak terbatas dengan hanya menghasilkan output dalam bentuk HTML. PHP juga memiliki kemampuan dalam menghasilkan output berupa gambar, file PDF, bahkan Flash movie (dengan menggunkan libswf dan Ming) yang digenerate secara on  the fly. Kita dapat pula menghasilkan output teks sederhana, seperti XHTML dan file XML lainnya.

Salah satu fitur terkuat yang signifikan adalah, PHP mendukung banyak jenis database. Anda dapat dengan mudah merancang halaman web yang menangani database. Berikut ini adalah jenis database yang didukung oleh PHP:

  • Adabas D
  • Ingres
  • Oracle (OCI7 dan OCI8)
  • dBase
  • InterBase
  • Ovrimos
  • Empress
  • FrontBase
  • ProstgreSQL
  • FilePro (hanya pada mode read-only)
  • mSQL
  • Solid
  • Hyperwave
  • Direct MS-SQL
  • Sybase
  • IBM DB2
  • MySQL
  • Velocis
  • Informix
  • ODBC
  • Unix dbm

PHP juga mendukung komunikasi dengan menggunakan banyak protokol seperti LDAP, IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, COM (pada Windows) dan banyak lagi. Anda dapat juga membuka soket jaringan raw dan menginteraksikannnya dengan protokol lain. PHP telah mendukung penggunaan objek Java dan menggunakannya secara transparan seperti penggunaan pada objek PHP. Anda juga dapat menggunakan ekstensi CORBA untuk mengakses objek secara remote (remote-access).

PHP secara ekstrim sangat mendukung fitur pemroses text, mulai dari POSIX Extended atau ekspresi regular Perl dan mengolahnya menjadi dokumen XML. Untuk pengolahan dan pengaksesan dokumen XML, PHP telah mendukung standar SAX dan DOM. Anda juga dapat menggunakan XSLT untuk mentransformasikan dokumen XML.

Bila Anda merancang aplikasi PHP yang ditujukan untuk komersial, makan Anda akan menemukan Cybercash payment, CyberMUT, VeriSign Payflow pro dan fungsi CCVS yang akan sangat berguna untuk membuat aplikasi pembayaran online.

PHP juga mengenal eksetensi lainnya yang cukup menarik, mulai dari fungsi search engine mnoGoSearch, fungsi IRC Gateway, banyak utiliti kompresi (zip, gzip, bz2), konversi kalender, transalasi, dan banyak lagi.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Januari 2009 in Pemrograman, PHP, Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

One response to “Pengenalan PHP

  1. engka

    8 Maret 2010 at 9:14 am

    gue copy dulu artikelnya bro”’…

    untuk tgs kuliah……

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: