RSS

Trouble Shooting Tampilan Komputer

22 Jan

Bila suatu saat Anda menemui masalah dengan komputer. Bahwa pada saat komputer dihidupkan, ternyata pada layar monitor tidak ada tampilan apapun. Saat itu kita akan menganggap bahwa layar monitor mengalami kerusakan, sehingga cepat-cepat membawa monitor tersebut ke tukang reparasi. Setelah sampai di tempat reparasi, monitor tersebut dicoba dan ternyata berfungsi secara normal. Ternyata kerusakan bukan pada perangkat monitor. Lalu pertanyaannya, perangkat apa yang rusak pada komputer?

 

Permasalahan pada Perangkat Monitor

Jika Anda menemui masalah seperti itu, Anda bisa mencoba menganalisa bahkan memperbaiki komputer dengan memperhatikan beberapa kondisi dan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Perhatikan bahwa pada layar monitor terdapat lampu indikator yang merupakan penunjuk aktifitas monitor. Lampu tersebut akan menyala pada saat monitor tersebut dihidupkan. Pada beberapa model monitor, lampu indikator tersebut akan menyala dengan satu warna. Namun, ada juga model monitor yang lampu indikatornya akan berubah warna ketika monitor mendapat sinyal data dari main unit. Selain itu, terdapat pula jenis monitor yang lampu indikatornya akan berkedip-kedip jika tidak mendapat sinyal data dari main unit.
  • Disamping tanda-tanda di atas, terdapat tanda-tanda lain yang perlu diperhatikan, yaitu pada saat monitor dihidupkan atau dimatikan, pada layar monitor akan tampak kilatan cahaya berwarna. Memang ada beberapa monitor yang tidak mempunyai tanda-tanda seperti ini, namun hampir semua monitor mempunyai tanda-tanda seperti ini.
  • Terdapata beberapa jenis monitor yang jika pengaturan brightness dan contrast-nya dapat di atur meskipun dalam kondisi tanpa sinyal data dari main unit. Setelah kedua pengaturan tersebut telah disetting menjadi maksimal, maka pada layar monitor akan tampak putih terang.
  • Selain tanda-tanda di atas, ada pula monitor yang memiliki fasilitas self test. Fasilitas ini akan bekerja pada saat monitor dihidupkan dan bila tidak ada sinyal yang masuk, maka monitor akan menampilkan gambar berupa pattern dan informasi yang menyatakan bahwa tidak terdapat sinyal data yang masuk ke monitor.

Berdasarkan pada uraian di atas, kita bisa mencoba menganalisa kerusakan jika menemui masalah pada komputer. Jika layar monitor tidak bekerja, maka bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bila pada saat komputer dihidupkan dan ternyata pada layar monitor tidak terdapat tampilan apa-apa, maka coba perhatikan lampu indikator pada monitor. Jika lampu indikator tidak hidup, maka ada indikasi bahwa monitor tersebut memang mati. Periksalah hubungan kabel power pada monitor, apakah sudah terhubung dengan benar atau belum. Jika kabel belum terpasang dengan benar, pasanglah kabel dengan benar. Namun, jika kabel sudah terhubung dengan benar maka Anda bisa menuju langkah selanjutnya.
  2. Jika pada langkah di atas belum menyelesaikan masalah, cobalah matikan monitor tersebut dan amati yang terjadi pada layar monitor saat monitor dimatikan. Apakah terdapat kilatan cahaya pada layar monitor. Jika ada kilatan cahaya tersebut maka ada kemungkinan kerusakan ada pada main unit dari komputer. Periksalah hubungan kabel data monitor pada port video out dari display adapter pada main unit. Sedangkan jika tidak terdapat kilatan tersebut, maka ada kemungkinan kerusakan memang terdapat pada monitor.
  3. Masih terdapat satu lagi kemungkinan untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada monitor, yaitu dengan cara menghidupkan monitor, dan kemudian atur posisi pengatur brightness dan contrast ke posisi maksimum. Apakah terlihat bahwa layar monitor akan tampak putih terang. Jika itu yang terjadi, ada kemungkinan monitor tidak rusak. Namun jika sebaliknya, maka berdasarkan pengamatan pada langkah-langkah sebelumnya, hampir bisa dipastikan bahwa kerusakan memang terdapat pada monitor. Untuk kondisi seperti ini, mungkin kita memerlukan jasa teknisi elektronik untuk memperbaiki monitor tersebut.
  4. Sementara itu, jika dari langkah-langkah di atas menunjukkan bahwa monitor tidak rusak, maka selanjutnya amati tanda-tanda yang ditunjukkan oleh main unit komputer. Apakah main unit bekerja secara normal? Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa tidak tampilnya data di monitor dapat disebabkan karena main unit tidak bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa kondisi pada main unit yang menyebabkan tidak adanya tampilan pada layar monitor adalah adanya kerusakan pada display adapter, memori (RAM) atau kerusakan lain yang mengakibatkan main unit tidak dapat bekerja dengan baik.
  5. Adapun jika kerusakan pada main unit adalah kerusakan pada kartu display adapter, beberapa komputer akan memberi tanda berupa bunyi bip (beep code) pada speaker. Yaitu bunyi satu kali panjang diikuti tiga kali pendek. Sedangkan dalam kondisi normal, bunyi bip tersebut adalah satu kali pendek. Dengan adanya bip seperti ini maka bisa dipastikan bahwa display adapter telah mengalami kerusakan. Langkah selanjutnya adalah, mematikan komputer, membuka tutup chasing komputer dan cobalah betulkan letak display adapter pada slot ekspansi, kemudian bisa mencoba menghidupkan kembali komputer tersebut. Jika ternyata masih tidak ada perubahan, maka bisa dipastikan bahwa kartu display adapter tidak berfungsi atau rusak.

Selain hal tersebut di atas, kerusakan-kerusakan lain yang sering terjadi pada layar monitor dan penanganannya adalah sebagai berikut:

  • Bila tampilan pada layar monitor mengecil atau tidak penuh satu layar, maka cari tombol pengatur vertical size dan horizontal size. Vertical size digunakan untuk mengatur lebar tampilan secara vertical, sedangkan horizontal size digunakan untuk mengatur lebar tampilan secara horisontal. Bila setelah pengaturan tombol tersebut tidak ada perubahan apa pun, maka hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kerusakan rangkaian elektronik pada layar monitor tersebut.
  • Mungkin juga tampilan pada layar monitor berjalan atau menggulung. Beberapa model monitor menyediakan fasilitas tombol V-Hold (vertical hold) dan H-Hold (horizontal hold). Kita bisa menggunakan kedua tombol ini untuk mencoba menghentikan tampilan layar monitor yang menggulung tersebut.
  • Masalaha tampilan monitor yang sering terjadi pada monitor-monitor yang sudah cukup tua adalah berubahnya tampilan pada layar monitor setelah dihidupkan beberapa lama. Tampilan semakin lama akan semakin terang, atau semakin lama akan semakin kabur. Masalah ini biasanya timbul karena komponen PlayBack Trafo pada monitor telah rusak. Jika hal ini terjadi, bawalah monitor ke teknisi elektronik untuk dilakukan perbaikan atau pergantian.
  • Selain itu monitor-monitor yang sudah cukup lama digunakan sering mengalami kerusakan berupa hilangnya satu unsur warna, sehingga monitor tidak bisa menampilkan warna-warna tertentu. Perlu diketahui bahwa pada monitor pembentukan warna layar dibentuk oleh penggabungan tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru. Penggabungan warna-warna tersebut diatur oleh suatu rangkaian matrik pengatur warna. Jika salah satu unsur warna tersebut tidak bekerja, maka beberapa warna yang membutuhkan warna tersebut tidak dapat ditampilkan pada layar monitor. Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini akan membutuhkan jasa teknisi elektronik.

 

Permasalah pada Display Adapter

selain masalah-masalah akibat kerusakan fisik monitor tersebut, ada juga masalah yang timbul akibat kesalahan dalam pengaturan sistem operasi atau perangkat lunak. Masalah tersebut biasanya timbul karena ketidakpahaman pemakai komputer akan kemampuan yang ada pada monitor komputernya. Misalnya untuk menggunakan monitor jenis SVGA (Super VGA), bisa memanfaatkan kemampuan monitor yang menampilakan gambar dengan resolusi yang tinggi (sampai 1024×768, bahkan lebih). Namun tidak demikian jika mengatur resolusi monitor pada resolusi yang di atas kemampuan monitor, maka monitor tidak akan menampilkan gambar dengan benar. Beberapa monitor akan menampilkan gambar dengan benar, namun beberapa monitor akan menampilkan gambar yang melebihi uuran layar, sehingga sebagian gambar tidak tampak di layar monitor. Ada juga yang sama sekali tidak mampu menampilkan gambar sehingga gambar pada layar monitor akan pecah dan tampak seperti gambar yang tergulung (rolling).

Jika mengalami kondisi seperti ini, maka aturlah resolusi pada display properties, yaitu dengan cara:

  1. Restart komputer pada safe mode, yaitu dengan cara menekan tombol F5 pada saat tampil pesan “Starting Ms Windows…”.
  2. Klik kanan desktop pada area kosong, pilih menu Properties pada menu popup yang tampil.
  3. Pada jendela Display Properties pilih tab Settings.
  4. Selanjutnya pada tab Settings, turunkan resolusi display dengan mengatur resolusi yang ditunjukkan pada Desktop Area.
  5. Kemudian klik tombol Apply atau OK, maka komputer akan melakukan restart dengan konfigurasi atau setting yang baru.

Kerusakan pada display adapter juga akan membuat tampilan pada layar monitor tidak akan tampil sebagaimana mestinya, bahkan tidak ada tampilan sama sekali. Seperti yang telah diuraikan di atas, jika display adapter tidak bekerja atau rusak (ditandai dengan bunyi bip panjang satu kali dan pendek tiga kali) maka pada layar monitor pun tidak akan tampak tampilan apa pun. Selain itu, kerusakan pada display adapter lainnya, seperti rusaknya Video RAM pada kartu display adapter juga akan menyebabkan rusaknya tampilan pada layar monitor. Misalnya gambar akan tampak peca atau monitor hanya menampilkan gambar kota-kotak warna-warni. Jika menemui kondisi seperti ini, Anda bisa mencoba untuk mengganti kartu display adapter pada komputer. Adapun langkah-langkah untuk mengganti kartu display adapter adalah sama seperti pada langkah pemasangan display adapter setelah sebelumnya melepaskan display adapter yang lama.

Apabila akan mengganti display adapter namun komputer menggunakan display adapter yang on-board, maka Anda harus mendisable display adapter yang ada pada main board. Untuk mendisable display adapter yang on-board ini, perhatikan (jika perlu baca buku petunjuk / manual book yang disertakan pada main board) apakah main board menggunakan jumper setting atau menggunakan setup BIOS. Jika menggunakan jumper setting, maka pengaturan jumper untuk mendisable display adapter harus dilakukan sebelum memasang display adapter yang baru. Namun bila pengaturannya menggunakan setup BIOS, Anda dapat melakukannya setelah display adapter yang baru telah terpasang. Langkah ini berlaku juga untuk penggantian display adapter yang on-board dengan display adapter tambahan yang mungkin akan Anda lakukan bila Anda merasa kurang puas dengan kinerja yang diberikan oleh display adapter on-board Anda.

 
 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

72 responses to “Trouble Shooting Tampilan Komputer

  1. agung

    13 Maret 2009 at 9:02 pm

    masalahnya tampilan monitor jadi kecil dan ditengah dan bisa di bilang tampilannya cuma setengah doang habisnya bagian kiri dan kanan gelap & semua cara yang ada di atas dah di lakuin tetep aja masih kecil

     
  2. Fadhly Permata

    21 Maret 2009 at 6:33 pm

    Sepertinya telah terjadi kerusakan fisik pada salah satu komponen monitor tersebut, utk kerusakan fisik sebaiknya direparasi ke tukang servis elektronik.

     
  3. zhen

    8 April 2009 at 6:37 am

    mas mau nanya klo ( monitor out of frequency ) gmana ?
    dh bingung nih klo lg main game suka ada tulisan itu ?
    ( jd g bsa main ) mas tolong bantuin caranya ke email fhrzalchow@yahoo.com. makasih mas !

     
  4. Fadhly Permata

    8 April 2009 at 8:19 am

    wah, kemungkinan frekuensi pada monitor anda dgn frekuensi game tsbt tidak sesuai.. biasanya tiap adapter vga punya pengaturan frekuensi, coba periksa pada settingan game tsbt siapa tau ada pengaturan frekuensi.

     
  5. Tiram

    28 April 2009 at 11:14 am

    Sy menginstal ulang PC merk acer. Tp stelah di instal ulang, tampilan gambarny bergaris-garis. Ada perintah pada layar untk menyesuaikan resolusinya, tp resolusiny tidak dapat di ubah.

     
  6. fanny

    7 Mei 2009 at 8:58 pm

    mas, kalo laptop tiba2 layarnya jadi putih,, terus saya cabut kabel dan baternya kemudian di nyalain lagi tetep putih layarnya, itu kenapa ya? sama sekali ga bisa masuk ke windows nya

     
    • lukman

      14 Juni 2013 at 2:26 pm

      fanny: mungkin laptop lu lelah

       
  7. Domu

    12 Mei 2009 at 9:43 am

    Mas…?
    jika playbacknya masih bagus jadi yang rusak komponen yang mana….?

     
  8. farid djauhary

    28 Agustus 2009 at 8:59 am

    mas tanya gimana kalau monitor CRT merek LG tampilan raster berkedip sedangkan indikator lampu di dekat tombol menu nyala normal atau hijau

     
  9. sri widowati

    10 November 2009 at 11:51 am

    pak tanya kalau warna monitor suka berubah-ubah kadang normal terang tapi kadang jadi biru gelap menyilaukan mata itu sebabnya kenapa? apakah setingnya yg kurang tepat atau hal lain? solusinya bagaimana? terimakasih

     
  10. Fadhly Permata

    14 November 2009 at 5:54 pm

    @Sri Widowati: Wah, kalo itu sih udah pasti karna IC RGB (warna)… sebaiknya cepat dibawa ketukang reparasi elektronik aja.

     
  11. widya

    30 Desember 2009 at 2:19 pm

    pak, tampilan monitor saya semakin mengecil ke tengah nih, kadang2 bisa sendiri melebar normal kembali, tapi sekarang gk bisa lagi. gimana ya?

     
  12. jasyadi

    1 Januari 2010 at 10:53 am

    mas kenapa kok layar laptop saya kok ngak mau hidup padahal main menu masih kelihatan tapi harus ditempat terang apa ada pengaturannya atau ada komponen yg rusak

     
  13. King

    11 Januari 2010 at 2:52 pm

    beberapa hari ini saya punya masalah sbb;

    ketika main game 3d , monitor beberapa kali kehilangan signal; saya pakai (merk BenQ 17″ seri something) ditandai dengan indikator lampu menyala kuning…
    klo sudah begini; biasanya tak lama PC hang; saya terpaksa hard reset….

    masalah tidak terjadi terus menerus; tapi saya pernah mengalami blue screen satu kali…

    apakah ini indikasi VGA card saya yg bermasalah..?
    mohon pencerahan trimakasih.

    FYI; spek sistem saya sbb:

    Microsoft XP SP3 Home Edition running on;
    Athlon 64 X2 4200+
    Gigabyte chipset N-Force (seri lupa)
    Sapphire Radeon HD 4850
    Corsair XMS 1GB DDR x2
    Corsair XMS2 1GB DDR2 x2
    HDD Seagate SATA 200GB x1
    HDD Seagate SATA 1.000GB x1
    HDD Seagate IDE 80 GB x1
    Thermaltake Purepower 550W PSU

     
  14. Fadhly Permata

    13 Januari 2010 at 4:40 am

    @king: Hmmm, kalo ini sih udah positif VGA yang bermasalah. Kemaren ini temen saya pake g-force (versi lupa) kena kasus kaya begini. Setelah saya cek, ternyata tuh VGA mengalami overheat.

    Sebelum VGA-nya rusak total, coba deh secepetnya diganti fun (kipas pendingin), dan pasang juga pendingin tambahan didalam case PC.

    Semoga Membantu

     
  15. King

    13 Januari 2010 at 8:45 am

    ok, trimakasih atas sarannya….

     
  16. Fredy Dwi

    10 Februari 2010 at 9:27 am

    mas klo cpunya bisa hidup, tapi monitornya mati,hidup2 itu kerusakkannya dimana ya? VGAnya, Monitornya, atau apa? tapi di tampilan item (dos) pada saat awal kita menyalakan komputer nggak terjadi apa2(nggak mati,hidup2). tapi ketika mulai masuk ke OS nya, monitornya mulai mati,hidup2..
    terima kasih sebelumnya..

     
  17. Fadhly Permata

    11 Februari 2010 at 1:17 pm

    @dwi: wah sepertinya ini ada ketidaksesuaian antara pengaturan refresh rate atau resolusi dengan layar monitornya.

     
  18. salman

    20 Februari 2010 at 7:56 pm

    saya mau tanya…klu monitor bleng warna putih dan da garis2 nya,, pa nya yg rusak ya???

     
  19. onix

    15 Maret 2010 at 8:42 am

    terima kasih

     
  20. Ricco

    22 Maret 2010 at 12:24 pm

    Mas tanya nich…
    saya ada baru beli LCD Viwe Sonic 13.3in
    baru bulan desember kemarin
    masa gara2 kemarin mati lampu jadi suka kedap-kedip layarnya…. saya ci curiga klo ga monitornya emank bermasalah atau VGAnya… coz VGA saya onboard dan cuma seadanya…
    Mohon Pencerahan ya mas.. coz katanya View sonic LCD bagus…

     
  21. Fadhly Permata

    23 Maret 2010 at 10:22 pm

    @Ricco: Wah saya blm prnh punya LCD, monitor LCD ya cuma di laptop aja… tapi kalo prediksi saya sih permasalahan bukan di VGA Card… karna masih baru, tentunya ada garansinya dong…. bawa aja ke Service Center-nya…

    Mati lampu bisa jd penyebab kerusakan pada perangkat elektronik loh, karna pada moment tersebut biasanya akan terjadi perubahan tegangan listrik, sehingga ada kemungkinan tegangan tersebut tidak dapat ditangani oleh perangkat tersebut.

    Semoga Membantu

     
  22. halim inside

    20 Mei 2010 at 9:07 am

    Mas.. Mau tanya.. monitor sy kedap kedip.. padahal CPU ny berjalan normal.. Kenapa ya kira”..?? Thx.. :D

     
    • Fadhly Permata

      23 Mei 2010 at 10:44 pm

      Hihihihih, monitornya genit tuh :D

      Seriously, sepertinya ada problem pada playback-nya tuh mas… Saran saya cepat dibawa ketukang reparasi yang benar2 paham…

       
  23. Hary

    25 Agustus 2010 at 5:25 pm

    Mas,mau nanya.komputer di hidupin sekitar 20 menit.di layar Lcd philips tampilane jadi kabur n ada garis2.penyebabnya apa?d minta solusiny. Spec:proc dual core e5500 2.8Ghz, MB MSI G31, 1G DDR2, HD 250G, LCD 19″ Philhps resolusi 1024×768, OS XP SP2

     
  24. kholis

    16 September 2010 at 11:07 am

    Ms Mau tanya,
    monitornya mati,.sy pakai Monitor LG 17″
    biasanya kalo monitor itu nyala,, di nyalain TV itu bisa ada gambarnya.
    kalo buat tv ada gbrnya buat PC ada gambarnya juga
    lah ini monitor gak ada gambarnya
    cuma kedip” aja lampunya lampu powernya,,

    Tolong pencerahannya,.

    Terimakasih.

     
  25. herdyazkiya

    15 Oktober 2010 at 4:11 pm

    mas Fadhly Permata monitor saya tampilannya kok jadi melebar dan agak miring ke bawah kenapa ya?jadi tampilannya panorama

     
    • herdyazkiya

      15 Oktober 2010 at 4:14 pm

      Main ya ke blog aku mas ANTI VIRUS , PLC, Anti Spam Software Free

       
  26. andiero

    30 Mei 2011 at 7:01 pm

    masalah yang terjadi pada monitor saya kurang lebih seperti ini:
    layarnya sering blank. indikator nyala.
    klo nampil warnya kuning pekat.
    kadang menampilkan gambar yang goyang2 kayak dikoyak
    klo di tepok kadang baikan tapi sementara.

    saya tidak berani menguatk-atik isinya. tapi saya pernah membuka covernya dan menjemur isinya. dan berhasil namun tidak lama (karena saya berasumsi mungkin crt saya lembab)

    mohon bantuannya.
    klo servis ke tukang servis lama, klo beli LCD mahal, lagi bokek

     
    • Fadhly Permata

      1 Juni 2011 at 10:47 am

      dulu sya pernah ngalamin seperti itu…

      sya bawa ke tukang servis katanya kena playback (untuk flicker) dan IC warna sudah drop (untuk warna kuning pekat)..

      Servicenya sebenernya cuma sehari kok…

      saran saya biar murah bawa ke tukang servis tivi aja… lebih murah dan maknyos..

       
  27. fatriya

    5 Juli 2011 at 3:31 pm

    mas,,di kantorqu monitor kedap kedip trus aq cium ky bau hangus gtu..knpa ya??mhon bntuan analisanya mas…

     
  28. aiez

    15 Juli 2011 at 3:14 pm

    mz bro………..?????/

    gmna ya kalau layar monitor tidak koneck

     
  29. someone

    21 Juli 2011 at 8:48 pm

    mas, kalo monitor kedap kedip itu komponen bagian mana yang rusak ya?

    terima kasih..

     
  30. kri

    21 Agustus 2011 at 1:49 am

    mas klau lampu monitor berkedap kedip tpi monitor y tdak menyala jga apa Solusi y ?

     
  31. kri

    21 Agustus 2011 at 1:51 am

    mas klau lampu monitor
    berkedap kedip tpi monitor y
    tdak menyala jga apa Solusi y ?
    Terima kasih

     
  32. kontarsol

    2 November 2011 at 8:42 am

    jancok troubleshooting’mue ggnah kabeh longortagk wantemi’oend setan’iii

     
    • kontarsol

      2 November 2011 at 8:43 am

      taekk aaa wedoozzz
      kiliren oplozz

       
      • kontarsol

        2 November 2011 at 8:45 am

        fadly permata picek balesen timbang tak wantemi ndek kene onn
        onok wong takok gug ndek jawab”
        kund gug iso moco op budek

         
    • Fadhly Permata

      27 Februari 2012 at 2:44 pm

      Thanks bt pujiany atau cercaanya.. Buat saya, saya adalah saya, dan anda adalah anda..

      Gak ada sangkut paut ataupun relatifitas antara anda dengan saya..

      Bila tidak suka, Silahkan close jendela browser anda yang menampilkan blog saya. Dan selesai perkara..

      Saya sudah mencoba sebisa mungkin membantu rekan2 yg lain yg memang membutuhkan, tp sya bukan pembantu yg akan mendedikasikan diri sepenuhnya.

      Saya juga manusia, punya kekurangan, pnya rasa lapar, sehingga karna rasa lapar tersebut sya ga bisa merespon semua pertanyaan anda, karna saya harus bekerja untuk menghilangkan rasa lapar itu.

      Thanks

       
  33. yono

    24 Desember 2011 at 4:35 pm

    kok yo ada manusia kayak gini…ga sopan bgt..tanya kok marah2…god knows

     
    • Fadhly Permata

      27 Februari 2012 at 2:31 pm

      Gpp kok mas :)

      Pertama, saya ga ngerti kok dia ngomong apa :p

      Kedua, saya ga mw ambil pusing tentang apa pendapat org thadap saya..

      Yg penting sya, sudah mencoba memberikan yg terbaik, sisanya br org lain & tuhan yang menilai :)

       
  34. Jae

    16 Januari 2012 at 5:57 pm

    izin bookmark mas,,,

     
  35. raihan

    21 Januari 2012 at 12:09 am

    bang mw nanya nh!laptop ane compaq cq40au,knpa ya klo maen game resolusinya monitornya jadi mengecil?kanan kiri berwarna hitam,tampilanya cuma di tengah2 aja!

     
  36. ana

    29 Januari 2012 at 8:54 am

    mas, layar mengecil tapi tampilan windows te2p full, kira2 rusaknya di bagian apa ya mas?
    mohon bantuannya n makasi sebelumnya

     
    • Fadhly Permata

      27 Februari 2012 at 10:58 am

      Sepertiny itu cm permasalahan resolusi windows aja yang ga sesuai dengan kemampuan monitorny, coba atur kembali setting resolusinya..

      Semoga membantu

       
  37. muda

    31 Januari 2012 at 10:05 am

    mas cpu nyala, trus lampu monitor berkedap kedip tpi monitor y tdak menyala jga apa Solusix ya. ?

     
    • Fadhly Permata

      27 Februari 2012 at 11:04 am

      Kemungkinan besar sinyal data tidak diterima oleh monitor, coba pastikan kabel data sudah terpasang dengan benar, bila menggunakan vga add-on coba cek juga installasinya, apakah sudah benar dan tertancap dengan benar..

      Bila menggunakan dual vga (misal on board & add-on) pastikan salah satuny sudah di disable, dan anda memasangkan kabel data pada port vga yg aktif saja..

      Semoga membantu

       
  38. andryawan

    23 Februari 2012 at 10:49 am

    mas kalo tampilan monitor warna-warni dan tdk muncul tmpilan windows gmn…..???
    mohon bantuanya….!!!

     
  39. W4515T0

    30 April 2012 at 2:09 pm

    Mz kompi saya monitor bz hidup d layar lcd tapi susah hidup atao boot di layar crt lq 14 inc apa msalahnya z soalnya bru ganti mainboard & hardisk mkasih ….

     
  40. W4515T0

    30 April 2012 at 2:31 pm

    mz jika bole d infoin di email saya ato sms di 081804087599 mendesak soolnya. mksh…

     
  41. indrwn

    7 Juli 2012 at 2:32 pm

    mas, kalau layar monitor lampuny kedip2 stlh booting atau starting win 7 yang itam itu kenapa ya mas?? adapter atau ap?

     
  42. indrwn

    7 Juli 2012 at 2:34 pm

    tetapi trdngar suara win7 saat pertama kali starting didekstop dan monitor tetap kedip2 tlg bantuan nya mas

     
  43. amsur

    10 Juli 2012 at 5:29 pm

    mo numpang pencerahan…
    waktu komputer dinyalain monitor nyala..
    tp kedip2 ky goyang gt smpe tampilan windows xp..
    biz tu ga da gambar sm sekali…
    kr2 ap’y yg rsk y…??????

     
  44. efendhy

    21 Juli 2012 at 10:16 am

    CPU dalam keadaan normal atau hidup tapi monitor tidak dapat menampilkan gambar dan lampu indikator berwarna kuning

     
  45. berhyiel

    11 Agustus 2012 at 7:16 am

    mas tlong bantu ane…

    knp pas nyalain laptop tiba2 layarnya jadi putihh . . .knp itu mas tolong di bantu

     
  46. pipin

    19 Agustus 2012 at 9:20 am

    mas, saya mua tanya,
    laptop saya waktu diidupi layarnya gelap
    waktu saya coba safe mode, tampilannya ada
    masalahnya ada dimana ya?

     
  47. Hi Kari Harue

    21 Agustus 2012 at 9:01 am

    hufff…. terimasih…. infonya…^^”

    >3< tapi tadi aku di setrum….!!!! (ngak palah yang penting kelas

     
  48. Rijal Tanjung She'smine

    21 September 2012 at 8:52 am

    mas kalo system operasinya masih normar tp warna hijau mendominasi LCD, itu kenapa ya ? padahal OS masih normal ga ada gangguan, cuma hijau mendominasi LCD,

     
  49. Nazib Rafky Nasution

    28 Oktober 2012 at 5:12 pm

    aslmkum,,,,,mas e yg pnya blog ane tanya,layar laptop ane separo terang separo glp.pgturan brightnes nya jug g pngaruh.gmn y mas perbaikinya

     
  50. dinda

    8 Maret 2013 at 11:10 pm

    kak layar monitor saya blenk,,,, lberwarna putih. cara ngatasinya/memperbaikinya itu gmna ??

     
  51. mia bichu

    27 Maret 2013 at 7:27 am

    mas kalo monitornya pas baru di hidupkan trus ada tulisan ( monitor going to sleep ) bagaimana cra mengatasinya.
    padahal sudah di periksa sambungan kabel nya.

     
  52. pardiyanto

    12 April 2013 at 3:15 pm

    Tank’s gan infonya.
    akhirnya monitor ane Full lagi

     
  53. jhon hier

    25 Juli 2013 at 3:56 pm

    mas…
    saya punya laptop toshiba satelite, saat dihidupkan, monitor tampil, tapi saat masuk ke windows layar jadi bergaris-garis dan laptopnya jadi hank..
    setelah saya coba hidupkan ke safe mode, tampilan bagus..
    kira-kira masalahnya dimana ya..?
    mohon bantuannya..

     
  54. Aulia Dyan Y

    19 Oktober 2013 at 7:09 am

    pak, layar monitor saya ko melebar dan icon nya jadi besar-besar dan melebar ke samping, bagaimana cara memperbaikinya? padahal tingkat resolusi sudah paling max. trims

     
  55. Okta Sukmayana

    27 November 2013 at 8:44 pm

    Good infonya terima ya . . . semoga amal kebaikannya mendapat balasan dari Allah SWT, amin . . .

     
  56. nur

    5 Desember 2013 at 10:58 am

    pak, tampilan gambar di monitor saya melebar. Di tukang servis dicek bukan salah monitor tapi dia cuma bilang settingin di properti. Kayaknya sih menurut saya kartu vganya ngga kebaca. Cara ngatasinnya gimana, ya?

     
  57. Khirman

    16 Desember 2013 at 3:05 pm

    m’f Pa, tiba-tba tampilan monitor warnanya kerahhan tidak ada warna Hitam, tolong di bantu Pa…??? mksh.

     
  58. Dede

    2 Januari 2014 at 10:02 pm

    pak tampilan di monitor saya bios setup dan tampilan aplikasinya lama butuh waktu setengah jaman,,tolong di bantu pak?

     
  59. Rosalino Gabriel

    26 Maret 2014 at 10:58 pm

    mas kenapa pada saat kita nyalakan lektop layar monitornya tidak terang tampilannya padahal lampu power nyala,ini penggaruhnya apa si mas,tolong bls melalui e-mail saya,rosalinogabriel90@gmail.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: